• Lock.
  • Profile
  • Gallery
  • Berita
  • TV edukasi
  • Blog TIK
  • Alumnus
  • Comments
  • E-Learning
stop
Sambutan Kepala Sekolah SMP NU 02 Dukuhturi

Assalamu'alaikum Wr.wb.
Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat taufik dan hidayah-Nya kepada kita sekalian sehingga kita masih diberi kesempatan untuk melaksanakan kewajiban sebagai ummat demi perjuangan melalui jalur pendidikan. Tidak dipungkiri bahwa di era global dan pesatnya teknologi informasi, keberadaan sebuah website untuk suatu organisasi termasuk SMP NU 02 Dukuhturi sangatlah penting. Wahana website dapat digunakan sebagai media penyebarluasan informasi-informasi penting dari sekolah yang mana harus diketahui oleh stake holder secara luas.

Website ini diharapkan dapat menjadi sarana promosi sekolah yang efektif. Berbagai kegiatan positif sekolah telah diunggah disertai gambar-gambar yang relevan, sehingga masyarakat luas dapat mengetahui prestasi-prestasi yang diraih oleh SMP NU 02 Dukuhturi Kabupaten Tegal. Sebagai media pembelajaran website sekolah dapat memuat blog-blog yang dibuat oleh guru-guru. Didalam blog tersebut guru dapat menuliskan berbagai artikel tentang pembelajaran dan memberikan tugas-tugas mandiri kepada peserta didik yang menunjang kegiatan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi.

Website ini juga sebagai sarana komunikasi antara sekolah dengan para alumni dalam rangka konsolidasi sehingga terbentuk ikatan alumni yang makin besar dan kuat. Sekolah menyadari bahwa alumni merupakan salah satu potensi yang besar, yang apabila digali dan dikelola dengan baik dan benar akan mampu meberikan kontribusi yang positif kepada sekolah.

Baca selengkapnya...

SMP I Sidapurna / SMP NU 02 Dukuhturi

gedung SMPI
SMP NU 02 Dukuhturi berlokasi di  Jl. Sumber Bawang Desa Sidapurna Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal Provinsi Jawa Tengah, Berlantai 2. Berdiri sejak Tahun 1985 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Nurul Huda Sidapurna.

SMP NU 02 Dukuhturi telah mengalami 4x (dibaca: empat kali) perubahan nama, yakni :
1. SMP Islam Nurul Huda
2. SLTP Islam Nurul Huda
3. SLTP NU 02 Dukuhturi
4. SMP NU 02 Dukuhturi

Sejak berdiri telah meluluskan siswa-siswinya rata-rata hampir mencapai 95% sejak Tahun 1988 sampai 2009, sebuah prestasi yang patut kita acungi jempol. Itu semua berkat usaha yang tak kenal lelah dari para staf pengajar yang notabene memiliki  teacher and learner  skill. Semua gurunya adalah lulusan sarjana Strata 1 bahkan banyak guru yang telah menyandang gelar Al-ustadun seperti Drs. H. Abdulatif, H. Amin Sustono, Drs. Nasruddin, M. Hamam, S.Pd.I yang telah banyak menanamkan nilai-nilai agamis kepada para siswa-siswinya.

SMP NU 02 Dukuhturi adalah salah satu sekolah dalam tingkatan menengah pertama yang berlokasi di Desa Sidapurna Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal.  Pada awal pendiriannya SMP NU 02 Dukuhturi bernama SMP Islam Nurul Huda atau lebih dikenal masyarakat sekitar dengan sebutan SMPI.  Bagi kalangan anak-anak SMPI lebih diakrab dengan panggilan "Sempi" (tanpa tanda kutip).

Sekolah ini didirikan oleh Yayasan Pendidikan Islam Nurul Huda Sidapurna.  Ada beberapa sekolah yang berada di bawah naungan YPI-NH dari tingkatan TPA/TPQ, Madrasah Diniyah Awaliyah, Madrasah Diniyah Wustho, dan SMP Islam Nurul Huda.

Pada awal pendiriannya SMPI mempunyai jumlah siswa hanya 1 kelas namun pada tahun-tahun berikutnya mengalami peningkatan yang significant.  Hal ini dikarenakan masyarakat Sidapurna dan sekitarnya semakin sadar akan pentingnya pendidikan, terutama yang berbasis ke-Islaman. Namun seiring dengan prestasi yang disandangnya SMPI mampu meraup jumlah siswa hingga mencapai enam kelas.  Sungguh kemajuan yang sangat membanggakan.

Pada masa kejayaannya animo masyarakat terhadap proses KBM di SMPI sangat tinggi sedangkan daya tampung kelas sangatlah terbatas, yang akhirnya dalam 1 kelas dihuni oleh 40 siswa.  Tentu ini menjadi PR bagi pengurus Yayasan untuk dapat menyediakan sarana belajar yang memadahi.