• Lock.
  • Profile
  • Gallery
  • Berita
  • TV edukasi
  • Blog TIK
  • Alumnus
  • Comments
  • E-Learning
stop
Sambutan Kepala Sekolah SMP NU 02 Dukuhturi

Assalamu'alaikum Wr.wb.
Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat taufik dan hidayah-Nya kepada kita sekalian sehingga kita masih diberi kesempatan untuk melaksanakan kewajiban sebagai ummat demi perjuangan melalui jalur pendidikan. Tidak dipungkiri bahwa di era global dan pesatnya teknologi informasi, keberadaan sebuah website untuk suatu organisasi termasuk SMP NU 02 Dukuhturi sangatlah penting. Wahana website dapat digunakan sebagai media penyebarluasan informasi-informasi penting dari sekolah yang mana harus diketahui oleh stake holder secara luas.

Website ini diharapkan dapat menjadi sarana promosi sekolah yang efektif. Berbagai kegiatan positif sekolah telah diunggah disertai gambar-gambar yang relevan, sehingga masyarakat luas dapat mengetahui prestasi-prestasi yang diraih oleh SMP NU 02 Dukuhturi Kabupaten Tegal. Sebagai media pembelajaran website sekolah dapat memuat blog-blog yang dibuat oleh guru-guru. Didalam blog tersebut guru dapat menuliskan berbagai artikel tentang pembelajaran dan memberikan tugas-tugas mandiri kepada peserta didik yang menunjang kegiatan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi.

Website ini juga sebagai sarana komunikasi antara sekolah dengan para alumni dalam rangka konsolidasi sehingga terbentuk ikatan alumni yang makin besar dan kuat. Sekolah menyadari bahwa alumni merupakan salah satu potensi yang besar, yang apabila digali dan dikelola dengan baik dan benar akan mampu meberikan kontribusi yang positif kepada sekolah.

Baca selengkapnya...

Era Kebangkitan Drum Band SMP Islam

Salah satu kegiatan ekstra kurikuler di SMP NU 02 Dukuhturi ini adalah Drum Band. Meski telah mengalami masa vacuum selama kurang lebih tiga tahun dari tahun 2008 hingga awal tahun 2011 masih tetap menjadi idola masyarakat. Masa vakum itu disebabkan karena peralatan banyak yang rusak dan tidak ada pelatihnya.

lat-drumband
drumband-smpislam
lat-dalam-ruangan
lat-musik-drumband
Kini di tahun 2011 kegiatan drum band mulai dibangkitkan lagi karena disamping sudah diservisnya seperangkat drum band, juga sudah ada pelatih yang siap menanganinya.

Bangkitnya drum band SMPI di tengah-tengah masyarakat ini tidak lain muncul karena rasa kesadaran dan rasa  ikut memiliki (MELU HANDARBENI) dari guru-guru yang memiliki jiwa social dan jiwa seni tinggi. “Sikap terpuji  inilah yang selayaknya diikuti oleh semua guru SMP NU 02 Dukuhturi”, demikian dikatakan Drs.Abdulatif sang Kepala Sekolah ketika diwawancarai Team Blog SMPI.

“Saya salut dan bangga dengan beliau-beliau (Bpk. Alip dan Bpk. Kuntho), Dua orang ini tidak kami bayar sepeser pun.  Kami  tidak memaksa dan menyuruh mereka untuk melatih drum band karena kami tau mereka berdua merupakan orang yang sudah cukup disibukkan dengan kegiatan yang lain, tetapi dengan semangat yang tinggi didasari rasa pengabdian meskipun tidak diberi honor tetap semangat dalam melatih siswa-siswi SMP NU 02 Dukuhturi.

Menurut Bpk. Kuntho sang pelatih didampingi Bpk. Alip, demi kemajuan Sekolah kami siap memberikan segala kemampuan yang kami bisa.  Kami belum mampu memberikan   sesuatu dalam bentuk materi namun apa yang kami bisa selalu siap bila sekolah membutuhkannya.  Karena yang kami punya adalah kemampuan melatih drumband maka itu yang kami berikan kepada sekolah. Kalau sekolah maju pasti kami juga akan merasakan manfaatnya.  Juga berkat SMP NU 02 Dukuhturi sehingga kami bisa menghidupi keluarga.  Oleh karena itu itung-itung sebagai wujud terima kasih kami kepada Sekolah, tidak ada salahnya bila menularkan sedikit kemampuan seni  kami kepada siswa-siswi SMP NU 02 Dukuhturi.

Ketika dicoba ditawarkan kepada siswa ternyata mendapat sambutan hangat dari semua siswa. Kesemangatan siswa ini tidak disia-siakan pelatih untuk sesegera mungkin mengadakan latihan drumband. Teknik pelaksanaanya dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok penabuh genderang dan satunya lagi kelompok pemain music pianika dan belyra.  Ternyata dengan teknik ini dapat berjalan dengan mulus, siswa bisa lebih focus dalam menerima materi latihan karena dua kelompok ini meski pelaksanaanya dalam waktu yang sama namun tempatnya dipisah tidak dijadikan satu. Kelompok penabuh drum bertempat di halaman rumah Bpk. Nasrudin (Guru Agama).  Sedangkan kelompok pemain music bertempat di dalam kelas.

Dalam tempo yang tidak terlalu lama ternyata sudah dapat membuahkan hasil, setelah dipadukan penabuh drum dengan music sudah bisa selaras. Baik kavaleri maupun tabuhan pengiring tidak menjadi kendala bagi siswa yang ikut latihan.  “Kalau kita serius dalam latihan ternyata tidak begitu sulit untuk memainkan alat music drumband”, demikian kata salah seorang siswa yang tidak mau disebutkan namanya.
Melihat keberhasilan ini Kepala Sekolah terlihat senang dan bangga kepada anak buahnya.

Semoga tahun 2011 ini menjadi tahun kebangkitan Drum Band SMP NU 02 Dukuhturi.  Mohon do’a dan dukungan dari semuanya semoga dengan bangkitnya Drum Band ini maka bangkit pula SMP NU 02 Dukuhturi…Amin..