• Lock.
  • Profile
  • Gallery
  • Berita
  • TV edukasi
  • Blog TIK
  • Alumnus
  • Comments
  • E-Learning
stop
Sambutan Kepala Sekolah SMP NU 02 Dukuhturi

Assalamu'alaikum Wr.wb.
Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat taufik dan hidayah-Nya kepada kita sekalian sehingga kita masih diberi kesempatan untuk melaksanakan kewajiban sebagai ummat demi perjuangan melalui jalur pendidikan. Tidak dipungkiri bahwa di era global dan pesatnya teknologi informasi, keberadaan sebuah website untuk suatu organisasi termasuk SMP NU 02 Dukuhturi sangatlah penting. Wahana website dapat digunakan sebagai media penyebarluasan informasi-informasi penting dari sekolah yang mana harus diketahui oleh stake holder secara luas.

Website ini diharapkan dapat menjadi sarana promosi sekolah yang efektif. Berbagai kegiatan positif sekolah telah diunggah disertai gambar-gambar yang relevan, sehingga masyarakat luas dapat mengetahui prestasi-prestasi yang diraih oleh SMP NU 02 Dukuhturi Kabupaten Tegal. Sebagai media pembelajaran website sekolah dapat memuat blog-blog yang dibuat oleh guru-guru. Didalam blog tersebut guru dapat menuliskan berbagai artikel tentang pembelajaran dan memberikan tugas-tugas mandiri kepada peserta didik yang menunjang kegiatan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi.

Website ini juga sebagai sarana komunikasi antara sekolah dengan para alumni dalam rangka konsolidasi sehingga terbentuk ikatan alumni yang makin besar dan kuat. Sekolah menyadari bahwa alumni merupakan salah satu potensi yang besar, yang apabila digali dan dikelola dengan baik dan benar akan mampu meberikan kontribusi yang positif kepada sekolah.

Baca selengkapnya...

Lebaran Hari ke-tiga, Drumband Kembali Berlaga

drumband_smp nu 02 dukuhturi Tegal
Ramadhan telah lewat, suasana kini berganti dengan kesemarakan Hari Raya, hari kemenangan bagi umat muslim yang telah lulus ujian selama satu bulan penuh. Meski ada dua versi dalam menentukan 1 syawal 1432 namun itu bukanlah sesuatu yang perlu diperdebatkan. Kaum Nahdiyin merayakan 1 syawal pada hari Rabu 31 Agustus 2011, sedangkan Muhammadiyah merayakannya pada tanggal 30 Agustus 2011.

SMP NU 02 Dukuhturi atau akrab dikenal masyarakat Sidapurna dan sekitarnya sebagai SMPI (SMP Islam) adalah salah satu sekolah yang berlindung di bawah Yayasan yang berkiblat pada organisasi Islam Nahdlatul Ulama. Sedangkan NU mengikuti anjuran yang ditetapkan pemerintah yaitu melaksanakan sholat Idul Fitri pada hari Rabu 31 Agustus 2011.

Masa liburan menjelang dan setelah lebaran bagi sekolah ini tidaklah 100% libur penuh tanpa aktifitas kesiswaan. Beberapa agenda telah dirancang jauh-jauh hari sebelum ramadhan, diantaranya pesantren kilat, kuliah dluha, pengumpulan dan pembagian zakat fitrah. Selain itu masih ada 1 acara lagi setelah lebaran yaitu melayani pesanan dari masyarakat tentang penampilan drumband di acara hajatan khitan.

Padatnya acara disambut para siswa dengan penuh semangat. "Sebagian besar dari mereka berasumsi bahwa jika berlama-lama di rumah tanpa kegiatan ibadah puasa semakin dirasa berat. Tetapi jika dalam berpuasa sambil melaksanakan aktifitas maka lapar dan dahaga menjadi tidak terasa. Sikap seperti inilah yang wajib dilestarikan di kalangan siswa, sehingga ibadah puasa bukanlah satu-satunya penghalang bagi proses KBM", demikian dikatakan Abdulatif Kepala Sekolah SMP NU 02 Dukuhturi.

Pada tanggal 3 September 2011, drumband SMP NU 02 Dukuhturi kembali berlaga di acara hajatan khitan salah satu warga Sidapurna tepatnya di Gang 21 atau gang Buntu. Masa lebaran seharusnya adalah milik keluarga diisi dengan bersilaturahim ke sanak famili. Namun demi melayani masyarakat maka segenap pengurus dan personil drumband rela mengorbankan waktunya untuk memberikan hiburan dalam acara hajatan khitan.

Pada lebaran hari ke-tiga, drumband kembali berlaga menghibur masyarakat Sidapurna dan sekitarnya pada arak-arakan hajatan khitan salah satu warga. Warga tersebut sudah memesan drumband SMP Islam jauh-jauh hari sebelum bulan puasa. Di setiap kesempatan ketika pemesan tersebut bertemu dengan salah satu pengurus drumband selalu mengingatkan tanggal hari H agar drumband dapat tampil di acaranya. Rupanya sang pemesan telah terhipnotis oleh liuk-liuk tubuh mayoret ketika sedang beraksi, sehingga takut kalau-kalau drumband tidak jadi tampil.

Karena pemesan selalu mewanti-wanti agar drumband tetap dapat tampil, maka sebagai pembina pak Alip dan pak Bowo seakan mendapat tanggung jawab yang sangat berat. Bayangkan saja sementara guru yang lain asyik merayakan lebaran bersama keluarga, dua orang ini sibuk membina anak buah agar tampil prima.
Gaung berita penampilan anak buah pak Bowo dan pak Alip pun santer terdengar di mana-mana hingga sampai di telinga para alumnus SMP Islam Sidapurna. Di sepanjang jalan Desa, masyarakat telah rela berpanas-panasan demi menyaksikan arak-arakan. Beberapa orang yang terlibat dalam penampilan tersebut adalah dua orang guru (pembina) dan satu orang Tata Usaha yaitu pak Topik, serta seluruh personil drumband SMP NU 02 Dukuhturi.

Dalam arak-arakan tersebut sohibul hajat mengundang group calung dari desa Kebasen Tegal. Dan urut-urutan barisan dimulai paling depan adalah Paskibra (Siswa-siswi kelas VII SMP NU 02 Dukuhturi), Unit Drumband SMP NU 02 Dukuhturi, Anak yang akan dikhitan (menunggang kuda), rombongan pengiring (naik delman), group calung (Kebasen Tegal), rombongan pengiring (naik sepeda motor).

Semarak lebaran di kampung semakin meriah dengan adanya arak-arakan tersebut. Berita tentang tampilnya drumband SMPI terdengar sampai telinga para alumnus, sehingga setelah selesai penampilan beberapa alumnus sekitar 12-an anak datang ke sekolah. Menurut para alumnus, SMP Islam kini beda dengan dulu, semakin maju terutama pada bidang Seni terbukti oleh penampilan drumband dapat diterima di masyarakat. Irfan salah seorang alumnus ketika menyalami pak Topik menyampaikan kekecewaanya mengapa ketika dia sekolah, drumband tidak aktif. Pada waktu itu tidak ada guru yang sempat untuk melatih drumband sehingga drumband tidak aktif, sekarang pak Bowo dan pak Alip rupanya sedang serius menangani drumband, demikian dikatakan pak Topik Kepala TU yang selalu aktif mendampingi paskibra ketika tampil bersama unit drumband.

Tampilnya drumband pada hari ke-tiga lebaran merupakan moment yang sangat baik untuk mempromosikan Sekolah SMP NU 02 Dukuhturi agar makin dekat di hati.

Klik disini lihat penampilan drumband di acara Hajatan

Selamat lebaran.