• Lock.
  • Profile
  • Gallery
  • Berita
  • TV edukasi
  • Blog TIK
  • Alumnus
  • Comments
  • E-Learning
stop
Sambutan Kepala Sekolah SMP NU 02 Dukuhturi

Assalamu'alaikum Wr.wb.
Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat taufik dan hidayah-Nya kepada kita sekalian sehingga kita masih diberi kesempatan untuk melaksanakan kewajiban sebagai ummat demi perjuangan melalui jalur pendidikan. Tidak dipungkiri bahwa di era global dan pesatnya teknologi informasi, keberadaan sebuah website untuk suatu organisasi termasuk SMP NU 02 Dukuhturi sangatlah penting. Wahana website dapat digunakan sebagai media penyebarluasan informasi-informasi penting dari sekolah yang mana harus diketahui oleh stake holder secara luas.

Website ini diharapkan dapat menjadi sarana promosi sekolah yang efektif. Berbagai kegiatan positif sekolah telah diunggah disertai gambar-gambar yang relevan, sehingga masyarakat luas dapat mengetahui prestasi-prestasi yang diraih oleh SMP NU 02 Dukuhturi Kabupaten Tegal. Sebagai media pembelajaran website sekolah dapat memuat blog-blog yang dibuat oleh guru-guru. Didalam blog tersebut guru dapat menuliskan berbagai artikel tentang pembelajaran dan memberikan tugas-tugas mandiri kepada peserta didik yang menunjang kegiatan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi.

Website ini juga sebagai sarana komunikasi antara sekolah dengan para alumni dalam rangka konsolidasi sehingga terbentuk ikatan alumni yang makin besar dan kuat. Sekolah menyadari bahwa alumni merupakan salah satu potensi yang besar, yang apabila digali dan dikelola dengan baik dan benar akan mampu meberikan kontribusi yang positif kepada sekolah.

Baca selengkapnya...

Sudah saatnya guru nge-blog

guru ngeblog
Program pemerintah yang mengharuskan setiap warga negara untuk wajib belajar 9 tahun harus didukung oleh seluruh elemen pendidikan. Untuk mewujudkan cita-cita luhur ini diperlukan sarana dan prasarana serta guru yang telah memenuhi kompetensi di bidangnya. Sehingga akan menghasikan sumber daya manusia yang bermutu. Demikian pula dengan kesejahteraannya perlu diperhatikan dan diberi penghargaan bagi guru-guru yang terbukti membawa kemajuan di bidang pendidikan dan pengajaran.

Teknologi pendidikan baik itu yang bersifat offline maupun online, sudah saatnya diterapkan sekarang juga. Internet sebagai media serba bisa dan serba tahu, mustinya dapat dimanfaatkan guru dalam melaksanakan tugas. Jam mengajar di dalam kelas akan sangat tidak cukup apabila pola mengajarnya masih menggunakan cara tradisional. Cara tradisional dalam kegiatan mengajar di dalam kelas sementara ini masih menjadi cara yang banyak dipakai bagi guru-guru di daerah. Sedangkan ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dari waktu ke waktu. Apabila sektor pendidikan tidak tersentuh oleh teknologi maka selamanya pendidikan di indonesia akan tetap berada di urutan paling belakang.

Blog sebagai sarana belajar diharapkan mampu menggantikan keberadaan guru di dalam kelas. Konten-konten yang dimuat dalam media blog sangat efektif untuk penyampaian secara online. Siswa selain mendapat materi di dalam kelas, juga karena berhadapan langsung dengan media internet dapat memacu kreatifitas siswa dalam mengeksplarasi pengetahuan di internet.

Fitur dan fasilitas dalam dunia blogger memberi peluang bagi pengguna yang ingin maju dan dinamis. Fungsi blog bukan hanya sekedar sebagai buku catatan elektronik, namun dapat dikembangkan serta difungsikan untuk kepentingan sharing informasi kepada khalayak. Bahkan bila kita sudah memahami seluk-beluk blog secara mendalam dapat dikembangkan untuk berbisnis.

Istilah bisnis online lama-lama menjadi bahan perbincangan yang sering terdengar di setiap para blogger bertemu. Guru era baru menjadi ujung tombak dalam memajukan sektor pendidikan, karena kreatifitasnya dalam mengemas materi pelajaran untuk disampaikan kepada siswa. Guru era baru tidak hanya duduk di depan kelas sembari menerangkan materi pelajaran, namun berani berkreasi memadukan multimedia dengan properti pendidikan.

Pengalaman di dunia maya menjadi modal yang tak ternilai harganya. Keragaman model ilmu akan semakin memperkaya perbendaharaan pengetahuan untuk menghadapi tantangan jaman. Ketersediaan sarana akses internet di sekolah memudahkan guru untuk menerapkan pola pendidikan berbasis IT. Peran serta orang tua pun selayaknya mendukung program ini, orang tua juga dituntut menjadi orang tua era baru. Orang tua yang melek terhadap teknologi, tidak hanya membekali putra-putrinya dengan sebuah handphone saja tetapi lebih menitik beratkan kepada penggunaan media online untuk memperkaya khasanah ilmu bagi anak-anaknya.

Pemahaman tentang internet bahwa internet itu tidak baik untuk anak sekolah serta membahayakan bagi anak-anak bukanlah alasan yang pokok selama penggunaannya mendapat pengawasan dan pengarahan dari orang tua.
Guru era baru sebaiknya memiliki sebuah blog untuk mununjang materi pelajaran yang minim alokasi waktu. Permasalahannya apakah semua guru dapat memanfaatkan teknologi, apalagi untuk membuat sebuah blog. Memang tidak bisa begitu saja dalam waktu singkat semua guru dapat memanfaatkan teknologi, terutama dalam hal blog untuk proses kegiatan belajar mengajar.

Harapan pemerintah menciptakan pendidikan pendidikan berbasis e-learning sudah mulai dilaksanakan di beberapa sekolah, terutama sekolah-sekolah unggulan. Melalui Dinas Pendidikan usaha untuk menuju kearah itu kini santer dijalani. Banyak pelatihan-pelatihan digelar seperti baru-baru ini yang diselenggaran BPTIKP (Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan) Propinsi Jawa Tengah menyelenggarakan TOT (Training Of Trainer) Bagi guru DIKDAS dan DIKMEN.

Pelatihan TOT dimaksudkan untuk mempersiapkan SDM Guru agar dapat memanfaatkan multimedia dan teknologi online bagi kelancaran tugas dan profesinya. Kegiatan yang tergolong baru di Jawa tengah ini sangat dirasakan manfaatnya bagi peserta, meski tidak semua peserta yang mengikuti training telah mempunyai dasar ke-IPTEK-an yang kokoh. Setidaknya kemampuan mengoperasikan komputer multimedia telah mereka punya.
Bisa dibilang tahun 2011 adalah tahun kebangkitan guru. Para guru mulai melek akan teknologi, terlebih dengan digelarnya lomba MPI (Multimedia Pembelajaran Interaktif), Lomba website sekolah dan lomba blog guru, menjadi semangat tersendiri bagi seluruh guru di Jawa Tengah untuk bersaing secara sehat dan profesional dalam mengemas materi pelajaran dan dituangkan ke dalam media blog.

Beberapa produsen Laptop seperti Acer Indonesia juga turut andil dalam peningkatan SDM guru melalui pemilihan Guru Era Baru (Guraru). Penghargaan ini diberikan kepada guru-guru yang mempunyai blog yang terbukti dapat menciptakan interaksi antara guru, siswa dan seluruh elemen pendidikan. Selain award juga disediakan hadiah Laptop kepada tiga blog guru terbaik. Para pemenang akan diikutkan dalam program Acer untuk pendidikan, memberikan pelatihan internet bagi guru di seluruh daerah di Indonesia.

Balai Bahasa dan sastra Indonesia juga menggelar lomba blog guru dengan tema Bahasa dan Sastra Indonesia dengan hadiah utama Rp. 5.000.000. Ini menjadi angin segar bagi guru terutama yang mengampu pelajaran Bahasa Indonesia yang memiliki blog. Sebagai guru era baru, kesempatan ini sangat sayang untuk dilewatkan, karena dengan keikutsertaan dalam lomba blog itu dapat meningkatkan kualitasnya dalam menulis artikel.

Jadi kesimpulannya sudah saatnya bagi guru mempunyai sebuah blog. Melalui blog yang mereka kelola tugas guru menjadi lebih ringan dalam memberikan materi pelajaran karena siswa dapat memperdalam materi tambahan dengan membaca blog guru. Guru menjadi terpacu untuk lebih kreatif dengan adanya berbagai kompetisi blog guru yang tentu saja akan berakibat semakin meningkatnya mutu SDM guru itu sendiri.