1. Pendidikan Bahasa Inggris sebagai suatu system
Note: Peranan proses belajar mengajar sangat menentukan hasil belajar karena itu perlu menjadi salah satu perhatian utama sekolah
B. STRATEGI KHUSUS UNTUK SUKSES UJIAN NASIONAL BAHASA INGGRIS
1. Sosialisasi program bimbingan belajar sukses UN kepada guru, siswa dan orang tua dan batas minimal hasil bimbingan belajar.
2. Menyiapkan tutor sebaya untuk membantu guru bahasa Inggris (optional)
Langkah-langkah:
a. Tes seluruh siswa kelas 9 dan koreksi jawaban siswa.
b. Jadikan siswa-siswa yang “pinter” sebagai tutor sebaya.
c. Melatih tutor sebaya untuk melatih rekan-rekan mereka (siswa )
d. Berikan reward yang pantas untuk tutor sebaya sesuai dengan kemampuan sekolah.
3. Menyiapkan bimbingan belajar untuk sukses UN, meliputi:
- Menentukan batas bawah hasil bimbingan belajar sukses UN (sebaiknya dua digit atau lebih diatas persyaratan kelulusan.
- Soal-soal latihan sesuai SKL/ setara soal-soal UN.
- Bahan pendalaman materi bagi siswa-siswa yang memerlukan (vocabulary, structure, jenis teks, keterampilan membaca dan menulis UN).
- Soal-soal untuk asesmen hasil pelatihan.
- Membuat jadwal bimbingan yang memuat hari, tanggal, pembimbing/ tutor sebaya, materi pelatihan dan jadwal asesmen.
4. Melaksanakan bimbingan belajar sukses UN, sesuai jadwal (lebih focus lebih baik)
5. Memberi motivasi agar siswa-siswa senantiasa belajar dengan penuh semangat dan berhasil
6. Tes peserta bimbingan belajar dan analisis hasilnya serta tindak lanjutnya (remidi)
7. Pantau pelaksanaan bimbingan dan evaluasi hasilnya serta lakukan tindakan perbaikan yang diperlukan.
8. Melakukan uji coba beberapa kali (makin banyak makin baik)
9. melakukan kegiatan 4 sd. 8 lagi bagi siswa-siswa yang belum berhasil.
by : M. Shodiq, S.Pd.