• Lock.
  • Profile
  • Gallery
  • Berita
  • TV edukasi
  • Blog TIK
  • Alumnus
  • Comments
  • E-Learning
stop
Sambutan Kepala Sekolah SMP NU 02 Dukuhturi

Assalamu'alaikum Wr.wb.
Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat taufik dan hidayah-Nya kepada kita sekalian sehingga kita masih diberi kesempatan untuk melaksanakan kewajiban sebagai ummat demi perjuangan melalui jalur pendidikan. Tidak dipungkiri bahwa di era global dan pesatnya teknologi informasi, keberadaan sebuah website untuk suatu organisasi termasuk SMP NU 02 Dukuhturi sangatlah penting. Wahana website dapat digunakan sebagai media penyebarluasan informasi-informasi penting dari sekolah yang mana harus diketahui oleh stake holder secara luas.

Website ini diharapkan dapat menjadi sarana promosi sekolah yang efektif. Berbagai kegiatan positif sekolah telah diunggah disertai gambar-gambar yang relevan, sehingga masyarakat luas dapat mengetahui prestasi-prestasi yang diraih oleh SMP NU 02 Dukuhturi Kabupaten Tegal. Sebagai media pembelajaran website sekolah dapat memuat blog-blog yang dibuat oleh guru-guru. Didalam blog tersebut guru dapat menuliskan berbagai artikel tentang pembelajaran dan memberikan tugas-tugas mandiri kepada peserta didik yang menunjang kegiatan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi.

Website ini juga sebagai sarana komunikasi antara sekolah dengan para alumni dalam rangka konsolidasi sehingga terbentuk ikatan alumni yang makin besar dan kuat. Sekolah menyadari bahwa alumni merupakan salah satu potensi yang besar, yang apabila digali dan dikelola dengan baik dan benar akan mampu meberikan kontribusi yang positif kepada sekolah.

Baca selengkapnya...

Guru Profesional itu seperti apa sih..?

Akhir-akhir ini sering terlontar dari mulut ke mulut terutama di kalangan pendidikan. Guru sebagai sentral pembicaraan masyarakat berpendidikan membuat kita sebagai praktisi pendidikan pun wajib mengetahui apa sih profesional itu? Kriteria yang seperti apa yang disebut guru profesional.

Untuk menjadi seorang guru yang profesional, tidak hanya dinilai dari sisi ketepatan kehadiran, kesesuaian jam pembelajaran dan lain-lain. Ternyata ada beberapa faktor yang digunakan untuk mengukurnya.
Guru Profesional adalah Guru yang memahami situasi dan kondisi siswa dalam belajar.
Guru yang mampu melaksanakan tugas pokok sebagi guru yakni mengajar, mendidik, dan membina.

guru-profesional

Guru profesional seharusnya menguasai materi pembelajaran,model-model pembelajaran,metoda pembelajaran yang mengarah kepembelajaran pakem,senantiasa memantau prestasi belajar anak didik,melakukan refisi hasil pembelajaran sehingga proses pembelajaran bisa selalu meningkat. Selalu lengkap dengan administrasi mengajar.

Berdasarkan pengamatan orang, dilihat dari kenyataan yang ada guru profesional adalah guru yang sudah sertifikasi dan mendapatkan tunjangan 1 kali gaji walaupun tanpa arah yang jelas dan untuk mencari sertifikatnya pun kurang jelas dasarnya.
Mampu menyeimbangkan otak kiri dan otak kanannya sendiri dan mengimbaskannya pada siswa sebagai peserta didik. Sehingga guru profesional adalah guru yang disenangi siswa sehingga siswa termotivasi untuk tumbuh dan berkembang agar bisa hidup berkarakter dan adaptif di jamannya.

Guru profesional tentu memahami bagaimana siswa belajar mampu beradaptasi dengan tantangan jaman dan mengembangkan kemampuan dirinya dalam pengelolaan kelas.
Berkemampu melakukan proses pendidikan secara profesional pula, penuh inovasi dan motivasi yang tinggi untuk peningkatan mutu pendidikan.
Guru profesional adalah guru yang memiliki keahlian profesional dalam bidangnya masing-masing. Dengan keahlian tersebut guru diharapkan mampu mengemban tugasnya sebagai seorang pendidik dengan baik.

Guru Profesional adalah guru yang memiliki 4 STANDAR KOMPETENSI GURU yaitu:
A. Kompetensi Pedagogik
  1. Pemahaman wawasan atau landasan kependidikan
  2. Pemahaman terhadap peserta didik
  3. Pengembangan kurikulum/silabus
  4. Perancangan pembdajaran
  5. Pelaksanaan pembelajarari yang mendidik dan dialogis
  6. Pemanfaatan teknologi pembelajaran
  7. Evaluasi hasil belajar
  8. Pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya

B. Kompetensi Kepribadian
  1. Mantap
  2. Berakhlak mulia
  3. Arif dan bijaksana
  4. Berwibawa
  5. Stabil
  6. Dewasa
  7. Jujur
  8. Menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat
  9. Secara objektif mengevaluasi kinerja sendiri
  10. Mengembangkan din secara mandiri dan berkelanjutan

C. Kompetensi Sosial
  1. Berkomunikasi lisan, tulisan, isyarat
  2. Menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional
  3. Bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, enaga kependidikan, pimpinan satuan pendidikan. orang tualwali peserta didik
  4. Bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar dengan mengindahkan norma serta sistem nilai yang berlaku.
  5. Menerapkan prinsip-prinsip persaudaraan sejati dan semangat kebersamaan

D. Kompetensi Profesional
Kemampuan guru dalam pengetahuan isi (content knowledge)’ penguasaan:
  1. Materi pelajaran secara luas dan mendalam sesuai standar isi program satuan pendidikan, mata pelajaran. atau kelompok mata pelajaran yang diampu.
  2. Konsep-konsep dan metode disiplin keilmuan, teknologi, atau seni yang relevan. yang secara konsep menaungi atau koheren dengan program satuan pendidikan, mata petajaran, atau kelompok mata pelajaran yang diampu.

Guru profesional adalah jujur, disiplin dan bertanggung jawab dan mau serta mampu melaksanakan tugas sesuai tupoksi dan selalu berusaha melakukan kegiatan inovatif dalam menyikapi perkembangan zaman. Guru profesionalmandiri,disiplin dan berwawasan.