• Lock.
  • Profile
  • Gallery
  • Berita
  • TV edukasi
  • Blog TIK
  • Alumnus
  • Comments
  • E-Learning
stop
Sambutan Kepala Sekolah SMP NU 02 Dukuhturi

Assalamu'alaikum Wr.wb.
Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat taufik dan hidayah-Nya kepada kita sekalian sehingga kita masih diberi kesempatan untuk melaksanakan kewajiban sebagai ummat demi perjuangan melalui jalur pendidikan. Tidak dipungkiri bahwa di era global dan pesatnya teknologi informasi, keberadaan sebuah website untuk suatu organisasi termasuk SMP NU 02 Dukuhturi sangatlah penting. Wahana website dapat digunakan sebagai media penyebarluasan informasi-informasi penting dari sekolah yang mana harus diketahui oleh stake holder secara luas.

Website ini diharapkan dapat menjadi sarana promosi sekolah yang efektif. Berbagai kegiatan positif sekolah telah diunggah disertai gambar-gambar yang relevan, sehingga masyarakat luas dapat mengetahui prestasi-prestasi yang diraih oleh SMP NU 02 Dukuhturi Kabupaten Tegal. Sebagai media pembelajaran website sekolah dapat memuat blog-blog yang dibuat oleh guru-guru. Didalam blog tersebut guru dapat menuliskan berbagai artikel tentang pembelajaran dan memberikan tugas-tugas mandiri kepada peserta didik yang menunjang kegiatan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi.

Website ini juga sebagai sarana komunikasi antara sekolah dengan para alumni dalam rangka konsolidasi sehingga terbentuk ikatan alumni yang makin besar dan kuat. Sekolah menyadari bahwa alumni merupakan salah satu potensi yang besar, yang apabila digali dan dikelola dengan baik dan benar akan mampu meberikan kontribusi yang positif kepada sekolah.

Baca selengkapnya...

Manfaat Web Blog Bagi Sekolah

manfaat-blog-sekolahKalau ada yang bertanya apa manfaatnya blog bagi sekolah? Jelas banyak sekali fungsi dan manfaatnya. Blog awalnya dipergunakan untuk mencatat peristiwa dan sejarah hidup seseorang yang dipublikasikan di internet dengan tujuan untuk berbagi pengalaman kepada pembaca. Dalam perkembangannya fungsi blog menjadi lebih luas lagi, tidak hanya untuk mencatat diary seseorang melainkan untuk media promosi.

Blog digunakan sebagai media promosi produk, artinya melalui blog informasi produk dapat ditulis secara lengkap dengan tujuan agar pembaca lebih mengenal produk yang sedang dicarinya melalui internet. Tentu hal ini sangat efektif untuk memasarkan produknya dan memperluas jaringan bisnisnya.

Saat ini hampir semua pelaku usaha memiliki blog, entah itu blog gratisan sampai yang berbayar. Membuat blog tidaklah sulit, sangat mudah dan cepat, tidak perlu keterampilan khusus asal bisa mengetik dan mengetahui bahasa inggris walau hanya sedikit maka seseorang dapat mempunyai blog sendiri. Apalagi sekarang engine blog sudah dilengkapi dengan tools yang sangat mudah dipahami oleh pemula sekalipun.

Sekolah jika dilengkapi dengan media blog akan terasa manfaatnya terutama untuk menyebarkan informasi tentang sekolah. Kemajuan sekolah, fasilitas yang dimiliki sekolah, biografi guru dan lain sebagainya akan dengan cepat tersebar informasinya melalui blog. Masyarakat kini sudah semakin maju, mereka sudah bisa memilih cara mana yang cepat dan murah tanpa membuang waktu dan biaya banyak untuk mendapatkan informasi sekolah.

Dengan diterbitkannya informasi sekolah kepada masyarakat melalui blog, masyarakat mempunyai gambaran yang jelas tentang sekolah tersebut. Dan apabila dirasa cocok dengan apa yang mereka inginkan tentu akan menambah keyakinan dan memutuskan untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah tersebut.

Bila sekolah anda belum memiliki blog, sebelum membuat alangkah baiknya pelajari dulu kelemahan dan kelebihan suatu platform blog. Di internet ada banyak mesin blog, tetapi yang terkenal hanya ada dua, yaitu Blogger dan Wordpress. Kalau saya pribadi lebih memilih blogger, alasannya blogger mempunyai hosting unlimited. Artinya blog yang berada dalam platform blogger mempunyai daya simpan yang tidak terbatas. Sehingga berapa pun banyaknya file dokumen, gambar, foto, video semua dapat ditampung dalam blog tanpa adanya batasan.

Sedangkan Wordpress tidak memiliki semua itu, daya tampung file di wordpress sangat terbatas, sehingga blog yang menggunakan platform wordpress mutlak harus memiliki hosting (tempat menyimpan file di internet). Dan untuk memiliki hosting sendiri, anda harus menyewa dengan harga yang lumayan.