• Lock.
  • Profile
  • Gallery
  • Berita
  • TV edukasi
  • Blog TIK
  • Alumnus
  • Comments
  • E-Learning
stop
Sambutan Kepala Sekolah SMP NU 02 Dukuhturi

Assalamu'alaikum Wr.wb.
Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat taufik dan hidayah-Nya kepada kita sekalian sehingga kita masih diberi kesempatan untuk melaksanakan kewajiban sebagai ummat demi perjuangan melalui jalur pendidikan. Tidak dipungkiri bahwa di era global dan pesatnya teknologi informasi, keberadaan sebuah website untuk suatu organisasi termasuk SMP NU 02 Dukuhturi sangatlah penting. Wahana website dapat digunakan sebagai media penyebarluasan informasi-informasi penting dari sekolah yang mana harus diketahui oleh stake holder secara luas.

Website ini diharapkan dapat menjadi sarana promosi sekolah yang efektif. Berbagai kegiatan positif sekolah telah diunggah disertai gambar-gambar yang relevan, sehingga masyarakat luas dapat mengetahui prestasi-prestasi yang diraih oleh SMP NU 02 Dukuhturi Kabupaten Tegal. Sebagai media pembelajaran website sekolah dapat memuat blog-blog yang dibuat oleh guru-guru. Didalam blog tersebut guru dapat menuliskan berbagai artikel tentang pembelajaran dan memberikan tugas-tugas mandiri kepada peserta didik yang menunjang kegiatan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi.

Website ini juga sebagai sarana komunikasi antara sekolah dengan para alumni dalam rangka konsolidasi sehingga terbentuk ikatan alumni yang makin besar dan kuat. Sekolah menyadari bahwa alumni merupakan salah satu potensi yang besar, yang apabila digali dan dikelola dengan baik dan benar akan mampu meberikan kontribusi yang positif kepada sekolah.

Baca selengkapnya...

Stop Kegiatan Ekstra, Focuskan Belajar

stopSebuah catatan untuk kelas 9.
Ujian sudah diambang pintu tak terasa begitu cepat waktu berlalu. Tiga tahun duduk di bangku SMP terasa singkat. Apa yang didapat dari sekolah selama kurun waktu tersebut adalah pelajaran berharga dan merupakan bekal untuk melanjutkan perjalanan sejarah manusia. Berapapun ilmu yang kau dapat tidak lepas dari jasa para guru. Juga keseriusan dalam menerima pelajaran di kelas adalah kunci utama dalam menguasai ilmu yang dipelajari.

Jika selama ini kita tekun dan giat belajar tentu ujian bukanlah sesuatu yang perlu ditakuti. Sebaliknya jika kemarin kita enggan memperhatikan nasehat guru, maka kegagalanlah yang mungkin akan menghampiri kita kelak. Waktu yang singkat mampukah kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Apakah kita akan mampu melewati masa ujian dengan berbekal ilmu yang alakadarnya? Hanya diri sendiri yang bisa menjawabnya, bukan orang lain.

Bila sudah begini, apa dan bagaimana seharusnya yang perlu dilakukan. Sebegitu parahkah diri kita, mungkinkah hal buruk bakal menjemput ataukah keberhasilan yang akan menyambut. Penyesalan tiada guna, ingat segala sesuatu mungkin saja terjadi atas izin Allah SWT. Nasib manusia takkan berubah kalau bukan diri sendiri yang merubahnya. Jadi artinya tidak ada kata “Terlambat”.

Saatnya kita prihatin dengan keadaan, tinggalkan kegiatan-kegiatan yang tiada guna. Focuskan belajar, jangan tergoda oleh ajakan yang akan menyita banyak waktu sehingga waktu belajar sedikit-demi sedikit mulai berkurang. Jika selama ini kita menjadi seorang aktifis sekolah maka tinggalkan sedikit demi sedikit kegiatan tersebut karena ada tanggungjawab yang lebih besar yaitu “Lulus Ujian”.

Sekolah memang butuh siswa yang aktif dalam kegiatan. Butuh tenaga-tenaga muda siap tempur demi menjunjung citra dan prestasi sekolah. Ekstra kurikuler yang membutuhkan stamina super ekstra, mulai detik ini segera dikurangi. Bahkan bila perlu stop dari sekarang, karena untuk mengejar ketertinggalan dalam menguasai pelajaran. Dan untuk meningkatkan jam belajar kita. Sesekali refreshing diperlukan namun hanya untuk sekedar melepas kejenuhan belajar saja setelah dirasa cukup kemudian mulai lagi dengan belajar dan terus belajar.